Minggu, 28 Maret 2010

Asal Usul Desa "SULUUN"

Asal usul Desa "SULUUN" sebenarnya tidak ada seorang pun yang tahu pasti kapan dan bagaimana sebenarnya Desa Suluun berdiri. Terjadi berbagai perbedaan pendapat, tetapi yang pasti ada beberapa hal yang bisa ditarik kesimpulan dan menjadi bayangan terbentuknya Desa Suluun.
Desa Suluun mungkin Desa yang paling mudah atau Desa yang terakhir berdiri setelah desa-desa sekitar seperti Pinapalangkow, Kapoya, Pinamorongan, Talaitad, Tangkuney, dan lain-lain yang berdekatan dengan desa Suluun.
Suluun diambil dari kata "Suluh" dan "Un", yang berarti Suluh = Serap dan Un = Terang. Jadi disatukan menjadi "SULU'UN" yang artinya "Cahaya Yang Terang" karena menurut Mitos Suluun didirikan tepat pada Bulan Purnama yang memang kondisinya sangat terang, tetapi Jam tidak sempat diketahui pasti.
Menurut cerita orang doeloe-doeloe, yang pertama datang di Suluun waktu itu mereka berjumlah 3 orang yakni Tona'as Koyansow, Tona'as Mononutu dan Tona'as Palar. Dan maksud kedatangan mereka sebenarnya hanya untuk berburu dan bercocok tanam, tetapi karena melihat keadaan atau kondisi yang mereka tempati sangat bagus untuk didirikan pemukiman, maka mereka sepakat untuk membentuk pemukiman dengan mendirikan tempat berteduh yang dinamakan Walak.
Kemudian, naiklah penduduk yang bermukim di Pinapalangkow dengan maksud untuk berburu Binatang Hutan untuk dijadikan makanan, konon waktu itu disekitar desa Suluun masih terdapat/banyak berkeliaran Binatang-binatang hutan. Dan setelah mereka melihat sudah ada pemukiman yang didirikan maka mereka akhirnya menetap dan tinggal dipemukiman yang didirikan oleh orang-orang yang pertama kali datang di Suluun.
(Bersambung)

Written by : Trian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar