Senin, 29 Maret 2010

Asal Usul Desa "SULUUN" (Part 2)

Suluun juga didirikan dengan mendengar tanda atau bunyi dari Burung Hantu pada saat terjadinya Bulan Purnama.
Seiring berjalannya waktu, penduduk Suluun semakin hari semakin banyak, dan menurut sejarah atau cerita turun temurun dari nenek moyang desa Suluun bahwa yang menjadi Kepala Desa/Walak pertama kali ialah To'naas Mononutu. Sedangkan kapan tanggal berdirinya Desa Suluun sampai saat ini tidak ada seorang pun yang tahu pasti, karena Suluun belum ada sebelum kedatangan ketiga To'naas tersebut. Orang menganggap Suluun tidak ada Penduduk asli, disebabkan Suluun diliputi oleh pendatang (orang yang berburu kemudian langsung tinggal dan akhirnya menetap ditempat itu). Jadi tidak diketahui kapan waktu Suluun didirikan.
Menurut cerita juga, Suluun didirikan sekitar tahun 1700-an, jadi kalau dihitung-hitung Suluun sudah berumur 300-an lebih, dibandingkan dengan desa-desa sekitar Suluun adalah desa yang paling muda.
Bahasa yang digunakan pada waktu itu ialah bahasa daerah yakni bahasa Tountemboan yang sampai saat ini masih sering digunakan karena merupakan budaya orang Minahasa. Sampai-sampai sejak Injil/agama Kristen masuk tanah Suluun pada tanggal 30 Juni 1841, penginjil sangat kesulitan mengartikan bahasa yang digunakan masyarakat Suluun pada waktu itu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar